Si Rubah Putih & Si Rubah Hitam (Tamat) ?


Manusia itu mahluk 'sempurna' kata-nya. Memiliki kelebihan dari pada mahluk lainnya yaitu berupa 'akal', tapi sedikit manusia yang menggunakan akal warasnya untuk mengenal BUMI tempat mereka sendiri tinggal. Hasilnya, pertarungan dalam pikiran dan hati manusia sendiri yang menentukan warna apa yang akan diberikan untuk kehidupan dan hidup mereka sendiri.

Si rubah putih, sosok hati manusia yang aku gambarkan sebagai hati yang positif, rendah hati, pemaaf, cinta damai dan kasih sayang, melihat dunia harus begitu sempurna dengan cinta dan kasih sayang. Namun sayangnya, karena ia terlalu peduli dengan kesempurnaan itu akhirnya ia menjadi sosok yang bermuka dua. Tidak dapt berkata jujur, pengecut, gsmpsng terbawa arus agar tercipta kedamaian, tidak memiliki prinsip, dan tujuan yang tidak jelas, akhirnya manusia akan lelah sendiri yang berdampak pada frustasi, stres dan rendah diri.

Berbeda dengan rubah hitam, mungkin diantara mereka aku lebih menyukai ia. Rubah hitam hidup dengan sesuka hatinya, berkata kasar, menyukai kebebasan, pembangkang, pemarah, arogan, dan sulit untuk diatasi. Banyak manusia yang memilih mereka rubah hitam agar mereka dapat terbebas dari dampak yang ditimbulkan oleh perbuatan si rubah putih. Dalam kata lain rubah hitam yang jujur, tidak suka ditindas, sangat percaya diri, hidup apa adanya, tidak munafik, dan mengutamakan kebahagiaan dirinya sendiri dari pada orang lain justru adalah mahluk yang sebenarnya lebih terbuka pemikiran dan perasaannya dari pada si rubah putih, itu menurutku.

Manusia sendiri lah yang menentukan pilihan, apakah ia rubah putih atau rubah hitam. Dan yang paling sulit bagi ku adalah menyatukan kedua karakter berbeda ini dalam satu irama, karena jika ini terjadi bayangkan bagaimana indahnya kehidupan yang diciptakan oleh mereka berdua.

"Terkadang apa yang kau putuskan dan kau pilih tak dapat dimengerti oleh orang lain. Dan mereka memang tak perlu mengerti, sesungguhnya. Jika pun mereka memilih untuk mengerti maka itu jalan pilihan mereka. Dan aku tak perlu takut untuk mencoba hal-hal baru lainnya." @anaklangit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen 1500 kata #1

Who am I ? #4.1

Si Rubah Hitam dan Si Rubah Putih